Jl. Kalimantan, Krajan Timur, Sumbersari Jember
(0331)5444442-5444470
ID

Detail Kegiatan / Informasi


Lates News

SOSIALISASI OPTIMALISASI PEMANFAATAN DBHCHT TAHUN 2021 DAN PELAPORAN ROKOK ILEGAL

Mar 17, 2021 Post by Admin

Guna koordinasi untuk optimalisasi pemanfaatan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBH CHT) oleh Pemerintah Daerah (Pemda) di wilayah Kabupaten Jember, Kabupaten Bondowoso, dan Kabupaten Situbondo. Bea Cukai Jember mengadakan kegiatan Sosialisasi dan Sharing session pemanfaatan DBHCHT tahun 2021 dan Sistem Pelaporan Rokok Ilegal pada Rabu, 17 Maret 2021 secara secara tatap muka.  Sosialisasi ini diikuti oleh perwakilan sekretariat DBHCHT di wilayah kerja Bea Cukai Jember.

Pada kesempatan kali ini Bapak Tubagus Firman selaku Kepala Kantor Bea Cukai Jember menjelaskan bahwa peran Bea Cukai di daerah dalam pemanfaatan DBHCHT ini di antaranya adalah berupaya membangun sinergi antara Bea Cukai dengan Pemerintah Daerah untuk mensosialisasikan ketentuan dibidang cukai kepada masyarakat. mengarahkan para pelaku usaha maupun konsumen untuk menjual atau mengkonsumsi barang kena cukai yang legal, serta menekan peredaran barang kena cukai ilegal. Sehingga pemanfaatan DBHCHT ini dapat lebih efektif untuk program-program di bidang kesejahteraaan masyarakat, kesehatan masyarakat, dan penegakan hukum.

Dalam kegiatan sosialisasi kali ini, Bea Cukai Jember menyampaikan materi yang cukup padat yaitu materi pemanfaatan DBHCHT yang dibawakan oleh Bapak Febra Pathurrachman selaku Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan, dilanjutkan dengan materi Sistem Pelaporan Rokok Ilegal yang dibawakan oleh Bapak Dharmawan Tri selaku Kepala Seksi Penindakan dan Penyidikan, serta teknis pelaporan rokok ilegal yang dibawakan oleh Fadli Afriyansyah selaku pelaksana pada Seksi Penindakan dan Penyidikan.

Pada akhir kegiatan sosialisasi diberikan waktu untuk melakukan sharing sessions terkait dengan kendala yang dihadapi oleh masing-masing Pemerintah Daerah dalam pemanfaatan DBHCHT, evaluasi kinerja Pemerintah Daerah dalam pemanfaatan DBHCHT tahun 2020, dan rencana kerja Pemerintah Daerah dalam pemanfaatan DBHCHT tahun 2021. diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat membantu Pemerintah Daerah dalam mengoptimalkan pemanfaatan DBHCHT sesuai dengan proporsi penggunaan DBHCHT sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 206/PMK.07/2020 yang mengatur bahwa sebanyak 50% dari alokasi DBHCHT yang diterima Pemda, harus digunakan di bidang Kesejahteraan Masyarakat, 25% bidang Kesehatan dan 25% lagi dibidang Penegakan Hukum. dan diharapkan dengan adanya pelatihan teknis pelaporan rokok ilegal akan mampu memperkuat sinergi antara Bea Cukai dengan pemerintah daerah dalam hal pemberantasan rokok ilegal.